Memadukan Teknologi dalam Wirausaha Digital di Era Revolusi Industri 4.0

curhatanmahasiswa.id - Seperti yang kita tahu bahwa sekarang kita semua sudah memasuki perkembangan Revolusi industri pada tahap keempat (era.4.0) atau yang sering kita sebut sebagai era digital, dimana semua kegiatan bisa dilakukan dengan cara yang lebih canggih seperti internet for things,clouds,social media dan hal hal lain yang dapat dilakukan melalui jarak jauh,tidak memakan banyak waktu serta memiliki cangkupan yang luas. Dikutip dari pengertian menurut Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto mengenai Revolusi industri “Revolusi Industri 4.0 merupakan upaya transformasi menuju perbaikan dengan mengintegrasikan dunia online dan lini produksi di industri, di mana semua proses produksi berjalan dengan internet sebagai penopang utama” Oleh karena itu, untuk menghadapi era digital sekarang ini,kita harus berusaha menjadi manusia kreatif yang bisa menggunakan teknologi dengan baik dan bijak agar bisa mengikuti perkembangan zaman pada saat ini.


Berdasarkan penjelasan diatas mengenai Revolusi Industri 4.0 lalu bagaimana kita sebagai pemilik bisnis usaha atau wirausaha menghadapi era digital ini? yang pasti sebelumnya kita harus membahas terlebih dahulu tentang apa itu wirausaha. Menurut Burgess (1993), Wirausaha adalah seseorang yang melakukan pengelolaan, mengorganisasikan, dan berani menanggung segala risiko dalam menciptakan peluang usaha dan usaha yang baru. Yang berarti kita menjalankan sesuatu bisnis dengan mandiri perihal membuat produk baru, memastikan gimana metode penciptaan baru, ataupun menyusun sesuatu pembedahan bisnis serta pemasaran produk dan mengendalikan permodalan usaha. sedangkan  Kewirausahaan menurut Seto Aji Sempurno dikutip dalam artikel pada Dunia Kampus 4.0 adalah usaha yang dilakukan oleh seseorang dengan didasari perilaku kreatif dan inovatif untuk menghasilkan suatu karya atau barang yang memiliki nilai jual, yang bertujuan untuk memberikan manfaat bagi orang lain dan mampu membuka lapangan pekerjaan. Lalu pengertian dari digitalisasi sendiri yaitu proses membuat atau memperbaiki bisnis dengan menggunakan teknologi dan data digital. Dimana pada saat ini kita semua sedang menghadapi era digital dimana semua kegiatan yang mendukung kehidupan sudah dipermudah dengan adanya teknologi. Dengan begitu dapat disimpulkan bahwa Wirausaha digital merupakan fenomena yang muncul melalui perkembangan teknologi informasi dan komunikasi dimana kita harus dapat beradaptasi dan berinovasi lebih kreatif menggunakan Teknologi dalam mengelola bisnis usaha milik kita dan menciptakan area bisnis yang berbeda melalui model perdagangan elektronik atau internet things (online system). Kita sebagai wirausahawan di era digital ini harus bisa menyesuaikan pasar dalam mengelola bisnis usaha kita agar tidak kehilangan pelanggan atau customer dari produk yang kita jual. Usaha digital yang dibangun melalui jejaring internet semacam Google, Facebook, ataupun Microsoft sudah sanggup mengganti dunia dan telah membentuk pola komunikasi tanpa sekat geografis kita dimudahkan mencari sesuatu hanya dalam satu kali klik,apalagi market place yang semakin berekembang pesat di indonesia dan sering digunakan seperti Shopee,Tokopedia, dan Instagram.


Ilustrasi olshop, online shop, toko online. [Shutterstock]

Kemudahan yang ditawarkan dalam era digital ini bisa menjadikan kita sebagai wirausahawan muda maupun wirausaha yang sudah berpengalaman dapat mencoba memperluas pasar usaha dalam menarik minat pembeli di berbagai wilayah di indonesia tanpa terkendala. Sebagai wirausahawan kita harus mengetahui pentingnya wirausaha digital. Adanya digitalisasi menyentuh setiap bagian dari kehidupan kita, mempengaruhi cara kita bekerja, berbelanja, bepergian, mendidik, mengelola, dan hidup. Untuk itu wirausaha dibidang digital sendiri cukup penting agar kita bisa bersaing dengan jenis pasar atau retail yang berkembang pada saat ini,kita harus mengamati juga perkembangan bisnis di tanah air ini,kita dituntut bisa inovatif dan kreatif dalam mengelola usaha seperti menggunakan operasional teknologi IT di dalamnya. Perkembangan IT di era digital ini menjadikan kita berada dalam kemudahan, mulai dari berbelanja melalui online shopping,membeli makanan atau  kebutuhan pokok hanya dengan duduk dirumah dengan sistem delivery order dan kemudahan kemudahan yang bisa kita lakukan hanya dalam sekali klik saja. Hal ini membuat masyarakat kita dimanjakan dengan yang namanya Teknologi, apalagi dengan adanya Wabah Covid-19 pada satu tahun belakangan ini kita sebagai wirausahawan harus pintar mencari atau mengubah strategi dalam berdagang agar usaha kita tidak gulung tikar. Seperti contohnya yang telah dijelaskan dalam Video Wirausaha itu keren, misalkan yang awalnya kita mempunyai usaha toko buku akan tetapi di kondisi adanya wabah covid-19 yang tidak memungkinkan kita pergi ke toko kita sebagai pemilik toko harus mengubah cara kita berjualan kita harus menjual produk tersebut melalui marketplace online seperti tokopedia,shopee,atau bukalapak. Bahkan tenaga pengajar seperti dosen pun sekarang menyarankan agar kita membeli buku referensi perkuliahan melalui online. Jadi walaupun kita sudah mempunyai toko offline kita harus bisa berinovasi dengan yang namanya teknologi. Bukan hanya itu manfaat dari penerapan IT pada bisnis usaha yang dijalankan semakin berkembangnya. Yang awalnya hanya dijual di satu wilayah saja dengan cangkupan pembeli hanya masyarakat setempat melalui penggunaan teknologi digital marketing kita bisa menangkap pembeli secara luas di seluruh wilayah. Usaha warung yang tadinya menggunakan sistem nota tulis sekarang bisa menggunakan sistem pemrograman dan database,yang menjadikan aktivitas barang keluar masuk dan accounting keuangan dalam toko tersebut bisa semakin mudah dan mengurangi adanya human error. Dengan demikian bisa kita lihat seberapa penting menjadi wirausaha digital di era revolusi industri 4.0.


Lalu apa saja peluang dan tantangan yang harus kita hadapi dalam menjalankan kewirausahaan digital?

1. Mobile internet

Dengan mengamati pengguna internet di indonesia yang cukup meningkat signifikan dari tahun ke tahun ini menjadikan peluang kita semakin besar dengan menginovasikan wirausaha dibidang digital. Inovasi bisnis yang dipadukan Teknologi dengan pemasaran secara online menjadi peluang yang sangat menjamin di era digital seperti sekarang. Akan tetapi dari hal tersebut juga kita mempunyai tantangan tersendiri dimana kita harus berinovasi dalam mengelola usaha kita agar bisa bersaing dengan usaha lain yang sama" menggunakan internet kita juga harus mengamati pasar ketika akan merencanakan usaha. Seperti tidak mungkin  kita hanya membuka konter pulsa sedangkan dimana pulsa bisa dibeli dengan mudah melalui aplikasi mobile banking yabg tersedia,tidak usah menunggu lama dan pergi jauh-jauh ke warung,sekarang kita bisa membeli pulsa dengan mudah.Oleh karena itu kita harus mengamati bisnis dan kondisi pemasaran sebelum kita menentukan akan membuka usaha apa.

2. Cloud Teknologi

Penggunaan teknologi cloud atau cloud native ini pastinya sangat berguna saat kita menjadi wirausaha muda. Teknologi cloud native menawarkan kecepatan, skalabilitas, dan elastisitas yang dapat dimanfaatkan oleh semua ukuran bisnis untuk mempermudah dan nantinya memperoleh  keuntungan tersendiri bagi pemilik bisnis. Contohnya seperti PT.Indoguna mempunyai 40 retail yang tersebar di seluruh indonesia,tanpa penggunaan cloud technology mereka tidak bisa memantau seluruh bisnisnya sekaligus dalam satu waktu dan hal lain seperti pembangunan infrastruktur pastinya terlalu mahal dan menghabiskan banyak biaya. Oleh Karena itu penggunaan cloud technology ini sangat begins bagi wirausaha digital dan menjadi tantangan bagi kita yang sudah menjadi wirausahawan yang sebelumnya belum memahami tentang teknik kerja  cloud technology ini.

3. Internet of things (IoT)

Penggunaan internet of things pastinya membawa banyak manfaat untuk bisnis kita. Berbagai macam jenis-jenis IoT yang dapat kita terapkan dalam bisnis usaha kita. Seperti sensor peralatan yang merupakan salah satu macam dari banyaknya jenis IoT sendiri. Contohnya pemasangan sensor alarm yang sering dipasang di depan toko baju, dengan memasang barcode atau alat sensor  pada baju kita tidak perlu takut adanya pencurian dalam toko tersebut karena sebelum melakukan pembayaran barcode sensor pada baju tidak akan dilepas dan jika keluar melewati sensor alarm tanpa membayar maka alarm akan berbunyi. Selain itu sistem GPS Tracking yang sering kita temua sekarang merupakan salah satu penggunaan IoT dimana kita bisa mengetahui barang kita sudah sampai mana dengan hanya mengecek nomor resi pembelian

4. Big Data dan Advanced analytics

Penggunaan Big data dalam wirausaha digital  juga salah satu peluang yang sangat menguntungkan. Big data sendiri merupakan sekumpulan data dalam jumlah yang sangat besar kemudian diolah dengan sistem yang canggih sehingga menjadikan pengaturan menjadi lebih sistematis dan ringan. Selain itu, data yang jumlahnya sangat besar bisa di ringkas tanpa mengurangi data tersebut. Manfaat lain dari penggunan Big data yaitu Membantu perusahaan kita berhubungan dengan pelanggan,Memberikan strategi efektif dalam hal pemasaran,Pengoptimalan media sosial, dan Penggunaan marketing dalam pemenuhan target bisnis. Oleh karena itu penggunaan Big data dalam usaha kita menjadikan peluang yang bagus dan tantangan tersendiri dalam proses penerapanya.


Lalu kita sebagai mahasiwa harus memiliki kompetensi seperti apa jika berminat menjadi wirausahawan digital? Sebagai mahasiwa di era digital seperti ini kita harus bisa selalu berinovasi dan kreatif dalam memanfaatkan teknologi yang ada saat ini. Kita sebagai mahasiswa mempunyai waktu lebih untuk mempelajari hal tersebut dimana nantinya kita diharapkan bisa menerapkanya pada bisnis usaha yang akan kita buat jika kita ingin menjadi wirausahawan digital. Seperti belajar mengenai pemograman,accounting,pengelolahan database ataupun membuat alat sensor atau gps ataupun kompentensi kepemimpinan,kemampuan interpersonal,dan merencenakan sesuatu yang kita dapatkan saat menjadi mahasiswa menjadi salah satu bekal kita saat akan menjadi wirausahawan digital. Walaupun kita bukan dari jurusan yang berbasis bisnis atau ekonomi kita juga bisa mendapatkan dasar dasar ilmu lain yang natinya tetap bisa kita terapkan dalam bisnis usaha kita dimasa depan. Oleh karena itu sebagai mahasiswa kita tidak boleh hanya terbatas pada ruang lingkup ilmu yang kita pelajari saja kita harus bisa inovatif dan kreatif dalam menafaatkan ilmu yang sudah kita dapat.

Penulis : Aurelya Syafa C.Z



Baca artikel menarik lainya tentang Wirausaha di https://www.duniakampus40.net Dunia Kampus 4.0

LihatTutupKomentar