Digital Marketing Sebagai Strategi Pertahankan Bisnis di Masa Pandemi

curhatanmahasiswa.id - Hai sobat curhatan, kali ini admin bakal bahas tentang Digital Marketing ni...Pasti kalian nggak asling lagi sama yang namanya Digital Marketing ya, Apalagi di era Revolusi Industri 4.0 dan masa Pandemic seperti sejarang. Jadi yuk simak pembahasan kita tentang Apa, mengapa dan bagaimana Digital Marketing bermanfaat untuk mengembangkan bisnis kita di era serba digital seperti sekarang...


Seperti yang kita semua tahu bahwa kita sedang berada di era revolusi industri 4.0 dimana semuanya mengalami digitalisasi, tidak terkecuali bisnis wirausaha. Bisnis atau usaha yang kita tahu awalnya hanya terbatas pada bisnis konvensional dimana hal tersebut dilakukan secara langsung(tatap muka) antara penjual dan pembeli yang melakukan transaksi. Dalam bisnis konvensional pun ruang lingkup pemasarannya  (marketing) cenderung terbatas karena memposisikan pembeli yang dengan sendirinya mendatangi penjual saat ingin membeli barang yang diinginkan. Selain itu, opsional penyebaran brosur atau pemasangan pamflet di jalanan sudah tidak diminati lagi, karena cenderung mengeluarkan biaya yang besar dan masyarakat sekarang tidak terlalu memperhatikan billboard di jalanan. Oleh karena itu, Bisnis atau usaha kecil tidak mungkin melakukan hal tersebut dan hanya berpasrah pada ruang lingkup sekitar dengan modal pemasangan baliho di depan toko. Akan tetapi, bisnis atau usaha kecil yang dijalankan dengan cara konvensional di era digital seperti sekarang semakin terancam, apalagi seperti yang kita tahu adanya Pandemic Covid-19 yang menyebar keseluruh dunia tidak terkecuali Indonesia ini sudah menjadikan beberapa negara mengalami penurunan perekonomian. Adanya anjuran protokol kesehatan dan larangan-larangan membatasi jam buka pada usaha tertentu menjadikan beberapa usaha menjadi gulung tikar. Selain itu, adanya pandemic Covid-19 ini menjadikan orang jarang pergi berwisata ke suatu tempat. Hal tersebut juga menjadikan hampir semua pertokoan memilih tutup dan mengalami kebangkrutan. 

Seiring perkembangan zaman maka internet dan teknologi digital semakin menguasai dunia mengubah pola perilaku konsumen yang awalnya pergi belanja sembako ke pasar, membeli makanan ke warung, dan berbelanja ke mall kini sudah beranjak berubah menjadi tetap diam di rumah memesan via mobile internet lalu hanya menunggu beberapa waktu saja sampai barang yang mereka inginkan tiba. Sehingga mau tidak mau kita harus bisa mengubah bisnis konvensional kita menjadi bisnis berbasis digital. Dimana kita harus menggunakan strategi Digital Marketing dalam proses pengembangan usaha yang kita miliki sehingga kita tetap dapat bersaing di Dunia Wirausaha digital seperti sekarang.

Digital marketing adalah suatu kegiatan pemasaran atau promosi sebuah brand atau produk menggunakan media digital atau internet. Tujuan digital marketing sendiri yakni untuk menarik konsumen dan calon konsumen secara cepat dalam jangka wilayah yang luas tanpa terbatas infrastruktur. Seperti yang kita tahu, pemakaian  teknologi dan internet di masyarakat sangat luas sehingga tidak heran kegiatan pemasaran secara digital dijadikan pilihan utama oleh perusahaan-perusahaan. Akibatnya, perusahaan saling berkompetisi membuat konten yang menarik untuk ditampilkan dalam pemasarannya di dunia maya. Oleh karena itu penggunaan Digital marketing menjadi penting untuk kita sebagai calon entrepreneur pelajari. Dan nantinya akan menjadi pertimbangan bagi para entrepreneur muda untuk menjadikan digital teknologi sebagai bagian dari pemasarannya.



Menurut Data Hootsuit pada Januari 2019 bisa kita lihat bahwa saat itu jumlah penduduk di Indonesia sebanyak 268,2 jt jiwa lalu bisa dilihat hampir 50% lebih penduduk di Indonesia aktif menggunakan internet yang diiringi dengan penggunaan sosial media dan pada satu tahun berikutnya hal tersebut mengalami kenaikan yang signifikan dimana pertumbuhan pemakaian internet lebih cepat dibandingkan peningkatan jumlah populasi. Hal tersebut menandakan bahwa masyarakat di indonesia sudah menggunakan internet secara keseluruhan. Hal ini didukung oleh data selanjutnya bahwasanya penggunaan internet rata rata oleh individu dalam sehari hampir 8 jam diimbangi dengan kegiatan chatting/bersosial media. Akan tetapi, seperti yang kita tahu terkadang hampir 24 jam kita selalu terpaku pada layar ponsel kita, jika kita bandingkan waktu kita tidak memegang ponsel dengan saat memegang ponsel pasti jawabnya adalah lebih banyak waktu yg kita habiskan untuk memegang ponsel. Hal ini juga yang mendorong masyarakat cenderung memilih berbelanja secara online. 

Sebagai calon wirausaha muda di era digital ini kita harus bisa mengamati keadaan pasar di sekitar kita. Melihat data dari hasil pengamatan diatas menjadikan kita bisa mempelajari peluang yang dapat kita ambil dalam melakukan Strategi Marketing Digital usaha yang kita jalankan. Kita harus mengubah strategi yang konvensional menjadi bersifat digital agar usaha kita dapat mengimbangi dan bersaing dengan usaha usaha online lainnya. Salah satu contohnya yaitu awalnya kita membayar biaya mahal untuk membangun toko, padahal saat itu kita tidak mempunyai banyak modal dan pada akhirnya kita menyewa biaya pertokoan. Tanpa tahu apakah usaha yang kita jalani akan berjalan lancar atau tidak kedepannya. Lalu pada akhirnya karena ternyata bisnis kita tidak berjalan sesuai ekspektasi awal pada tahun tahun setelahnya kita tidak mampu lagi menyewa toko dan mengalami kebangkrutan. Tapi coba kita lihat pada masa digital ini, bahwa modal bukan salah satu alasan untuk tidak memulai bisnis. Kita hanya perlu niat dan usaha lebih dalam mempromosikan produk yang kita jual. Jika kita mempunyai ide atau sudah mempunyai rencana bisnis yang hanya terkendala tempat dan pemasaran. Kita hanya perlu menggunakan marketplace yang sekarang sudah banyak tersedia di Indonesia seperti Tokopedia, Shopee, Bukalapak , Facebook, Instagram dan lain lain. Hanya dengan berbekal akun google dan verifikasi data diri kita sudah bisa menjual barang yang kita inginkan. Lalu jika sudah memasang usaha kita pada marketplace tersebut selanjutnya yaitu pada pemasaran barang yang harus kita lakukan dengan cara menarik agar banyak masyarakat tertarik dengan produk kita. Banyak sekali cara yang harus kita lakukan yaitu dengan memfoto produk kita secara bagus lalu mengeditnya agar cahayanya bagus, membuat template atau desain agar gambar produk kita semakin bagus, dan yang terakhir mempromosikan produk kita. Untuk mempromosikan produk kita, kita harus bisa mencari pasar konsumen yang sesuai dan tidak seperti dahulu ketika kita ingin mempromosikan usaha harus memasang baliho, menawarkan produk dari toko ke toko maupun ke perorangan, di era digital ini kita dimudahkan hanya dengan mempromosikan lewat fitur ads di marketplace tersebut produk kita akan mendapatkan banyak engagement dari pembeli yang mencari produk yang kita tawarkan tersebut. Ataupun seperti tren yang sering dilakukan sekarang yaitu membayar paid promote akun instagram dengan followers yang banyak hal tersebut lebih murah dan efektif daripada harus menyebar brosur atau memasang billboard di jalanan. 

Lalu bagaimana merancang sebuah strategi rencana bisnis agar usaha kita mampu tumbuh dan berkembang agar produk kita lebih dikenal dan dapat bersaing di masa sekarang? Dalam hal ini kita dapat memakai SOSTAC diagram marketing yang terlihat dalam bagan dibawah ini. Bisa kita lihat terdapat 5 bagan yang menjadi poin penting dalam strategi marketing digital yaitu Strategy, Tactics, Actions, Control , Situation, Objectives. Setelah memahami semua tahapan diatas dan menerapkannya pada bisnis usaha kita, diharapkan bisnis atau usaha yang kita jalankan dapat sesuai dengan rencana. 


Dari penjelasan diatas dapat kita pahami bagaimana manfaat dan pentingnya pemakaian digital marketing dalam bisnis usaha kita, selain mempunyai banyak manfaat penggunaan digital marketing terbilang lebih murah, efektif dan efisien untuk usaha kita. Oleh karena itu sebagai calon wirausahawan muda di era digital ini kita harus senantiasa belajar tentang perkembangan digital marketing dalam bisnis usaha agar kita dapat selalu bersaing dengan wirausahawan lain dan usaha kita dapat bertahan di era pandemic Covid-19 seperti sekarang. Sekian penjelasan seputar Digital Marketing, Semoga Bermanfaat dan bisa diterapkan buat kalian yang mau jadi Wirausahawan muda maupun yang sudah berwirausaha.

Penulis : Aurelya Syafa




LihatTutupKomentar